Sunday, May 27, 2018

APA SIH BEDA WORKSHOP SAGUSABLOG TINGKAT DASAR DAN LANJUT ITU??

Salam literasi, Pahlawan tanpa tanda jasa...
Kali ini saya kembali akan bercerita mengenai pengalaman saya berkutat di salah satu program andalan IGI, SAGUSABLOG. Setelah dinyatakan lulus Workshop SAGUSABLOG Tingkat Dasar yang diadakan oleh IGI Kabupaten Serdang Bedagai, saya berkesempatan mengikuti Workshop  SAGUSABLOG Tingkat Lanjut Gelombang 11. Nah, penasaran kan dengan kedua workshop tersebut?? Simak baik-baik ya...

IGI merupakan singkatan dari Ikatan Guru Indonesia yang merupakan organisasi profesi guru yang disahkan oleh pemerintah melalui SK Depkumham No AHU-125.AH.01.06.Tahun 2009, tertanggal 26 Nopember 2009 dengan motto "Sharing and Growing Together". IGI telah menjadi sebuah komunitas yang tepat bagi para guru untuk dapat mengubah dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa demi memajukan dunia pendidikan dan keguruannya yang mana salah satunya adalah dengan pelaksanaan Satu Guru Satu Blog atau yang lebih dikenal dengan SAGUSABLOG.

SAGUSABLOG sendiri merupakan program andalan IGI yang dapat membantu guru untuk menyalurkan ide dan pengetahuan kepada peserta didik maupun pemerhati pendidikan seperti orang tua dan masyarakat tanpa harus takut dipisahkan oleh waktu dan jarak. Diharapkan dengan adanya program ini guru semakin termotivasi untuk memperbaiki kualitas diri dalam mengimbangi kemampuan peserta didik menggunakan teknologi.

Workshop IGI kedua yang saya ikuti berjumlahkan 93 peserta yang terdiri dari guru dari seluruh daerah di Indonesia dengan 11 mentor pembimbing yang siap membantu menyelesaikan semua permasalahan para peserta dalam pengelolaan blog. Para mentor yang baik hati tersebut adalah Amin Mungawar, Bambang Hadi Prayitno, Ahmad Nawawi, Abdi Eka Tarigan, Yandri Soeyono, Sukari Darno, Ferdiansyah Syaiful Hijrah, Ardi Kusnadi, Irpan Ansyari, Dewi Setiawati dan Riza Fitriyah.
Namun, ada perbedaan dari kedua workshop yang saya ikuti ini.

1. Tingkat Dasar dan Lanjut
Jika kita lihat dari nama nya sudah pasti ketahuan donk perbedaannya. Workshop SAGUSABLOG Tingkat Dasar khusus untuk pemula. Jadi bagi kamu yang masih buta sama sekali mengenai blog, maka di sini kamu akan dimelekkan tentang blog. sedangkan Workshop SAGUSABLOG Tingkat Lanjut dapat diikuti bila semua tahapan pada workshop pertama dinyatakan lulus. Artinya tantangan yang bakalan kamu hadapi di workshop yang kedua ini bisa dikatakan lebih menantang.

2. Offline dan Online
Nah, pada Workshop SAGUSABLOG Tingkat Dasar modul yang harus diselesaikan oleh setiap peserta terbagi menjadi 6 bagian. Dimana modul 1 sampai 4 dipandu secara offline oleh mentor pembimbing, sedangkan pada modul 5 dan 6 peseta hanya dapat berkomunikasi dengan mentor pembimbing di dunia maya atau secara online. Berbeda dengan Workshop SAGUSABLOG Tingkat Lanjut yang harus menyelesaikan 4 modul berikutnya. Keseluruh bagian modul 7 sampai 10 diselesaikan secara online. Kebayangkan bagaimana sabarnya para mentor pembimbing menghadapi keluh-kesah para peserta yang beranekaragam. Benar-benar salut dan two thumbs up deh.

Walaupun kedua workshop tersebut memiliki perbedaan, namun tujuan utama dari pelaksaan keduanya adalah untuk perbaikan kualitas guru di Indonesia demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Saya pribadi sudah merasakan kemudahan dari program SAGUSABLOG ini. Mengajar lebih menyenangkan dan lebih dapat diterima oleh peserta didik di era globalisasi seperti sekarang ini. Untuk itu saya juga mengajak reka guru untuk bergabung dengan IGI dan kita bersama-sama membangun Indonesia menjadi lebih terdepan.

2 comments: