Friday, May 11, 2018

APA SIH SAGUSABLOG ITU?

Satu Guru Satu Blog
Salam literasi, pahlawan tanpa tanda jasa.
Kali ini saya akan berbagi cerita mengenai Ikatan Guru Indonesia (IGI) dan produk andalannya SAGUSABLOG.

Pertama saya akan bahas mengenai Ikatan Guru Indonesia terlebih dahulu. Ikatan Guru Indonesia atau yang sering disingkat dengan IGI merupakan organisasi pendidikan yang anggotanya terdiri dari pemerhati pendidikan di Indonesia termasuk guru dan dosen. Organisasi yang bermottokan Sharing and Growing Together ini didirikan pada tanggal 26 Nopember 2009. Atas dasar motto tersebut IGI memiliki banyak program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidik di tanah air.

Salah satu program andalan IGI yang saya ikuti saat ini adalah Satu Guru Satu Blog atau SAGUSABLOG. Program ini bertujuan untuk membantu para guru Indonesia membuat blog pribadi yang berguna untuk menyalurkan ide dan karyanya sebagai seorang pendidik sehingga keterbatasan jarak dan waktu tidak menjadi penghalang bagi guru dan peserta didik maupun orangtua serta masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan.

Adapun SAGUSABLOG LIVE SERGAI adalah program IGI pertama yang saya ikuti. Program ini diadakan di Aula Dinas Pendidikan Serdang Bedagai pada hari Minggu, 29 April 2018 bertepatan dengan pembentukan Pengurus IGI Kabupaten Serdang Bedagai. Program yang diikuti 23 guru yang bukan hanya berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai melainkan juga dari luar daerah Serdang Bedagai ini menghadirkan Ketua IGI Wilayah Propinsi Sumatera Utara, Drs. H. Muliadin Harahap, MM dan 4 mentor nasional IGI yakni Abdi Eka Tarigan, S.Pd dan Ahmad Nawawi, S.Pd, MM sebagai mentor offline serta Dewi Setiawati, S.Pd dan Kartini Kapadia Br. Sembiring, S.Pd sebagai mentor online juga Reikson Panjaitan, S.Pd sebagai asisten mentor yang siap membimbing para peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola situs pribadi.

Dikarenakan era globalisasi yang menuntut kita sebagai pendidik untuk bisa mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya mengajak teman sejawat untuk bergabung dalam IGI. Ada banyak pelatihan dan workshop yang dapat kita manfaatkan untuk menjadikan kita pendidik yang terdepan.

6 comments:

  1. Selamat menjadi Guru Blogger...


    Salam SAGUSABLOG dari Karo.
    Mejuah-juah.

    ReplyDelete
  2. mantap bu fransisca blognya...
    maju terus... kelas lanjutan menantimudah2an bisa masuk jajaran mentor nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.
      Terima kasih untuk dukungan dan motivasi nya, Pak.

      Delete
  3. Dan saat ini lagi di kelas Lanjutan Workshop Online SAGUSABLOG gel. Ke-11

    Makin beautyful Blog nya....🖒

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Pak.
      Saat ini saya sudah di Modul 8.
      Mohon kritik dan saran nya, Pak.

      Delete